Saturday, September 22, 2012

cara merawat anak anjing Chihuahua



Anjing Chihuahua merupakan salah satu trah anjing yang yang cukup sulit untuk dikembangkan. Dibutuhkan pengalaman khusus, pengetahuan dan ketelatenan untuk merawat anak anjing Chihuahua. Ukuran anakan Chihuahua yang dapat dibilang cukup aman adalah >90 gram. Jika anakan Anda berukuran di atas 90gram, Anda dapat merasa sedikit lega karena kesempatan hidup mereka lebih besar. Ukuran yang dikatakan rawan adalah >80 gram. Tidak dikatakan mustahil untuk hidup, tetapi harapan untuk hidup mereka lebih kecil daripada yang berukuran lebih dari 90 gram. Untuk itu kita harus lebih telaten, sabar dan sangat hati-hati merawat mereka.

Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi anakan Chihuahua yang baru lahir :
  • Tempatkan mereka di tempat yang hangat. Dapat menggunakan tumpukan beberapa handuk atau penghangat listrik yang ditempatkan di bawah handuk. Dapat juga menggunakan lampu duduk sekitar 10-15watt dan diletakkan 40cm dari anakan. Atau bila Anda tidak sempat membeli kedua benda di atas, Anda dapat menghangatkannya di belakang lemari es (yang penting tidak ada angin dan mendapat hawa panas)
  • Usahakan untuk menjaga induk tetap fit dengan menambah porsi makanannya. Apabila Anda menggunakan dog food, Anda harus menggantinya dengan yang puppies (untuk protein bagi anak2nya).
    Sering ditemukan situasi induk yang pemilih dan tidak mau makan ketika menyusui. Anda dapat mencoba untuk menyuapinya atau menambah makanannya dengan daging sapi atau ayam agar sang induk mau makan.
  • Apabila induk memproduksi sedikit susu, Anda dapat menambahkannya dengan memberikan ”Moloko B12” kepada sang induk yang dapat diperoleh dari apotek. Dosis perlu dikonsultasikan kepada Dokter hewan.
    Dan apabila anakan sudah berusia >2minggu, anakan dapat diberi susu formula (khusus anjing) sesuai takaran. *Hal ini hanya dilakukan apabila susu dari induk tidak mencukupi
  • Selama 2-3jam, anda harus mengecek keadaan sang induk dan anaknya. Harus dipastikan anakanya menyusu dengan cukup. Coba raba perutnya, apabila masih kosong, anda harus memaksanya untuk menyusu lagi. Apabila perutnya sudah keras, berarti dia sudah menyusu dengan baik.
    Bagi anakan yang tidak dapat menyusu sendiri, anda harus extra menjaganya. Harus dipegangi sambil menekan-nekan susu sang induk agar ia dapat menjilati tetesannya.
    Apabila dia sudah bisa mengecap dan menyedot hentikan penekanan susu induk, karena dia akan tersedak dan mati. Biarkan dia menyedot sendiri, anda cukup memeganginya agar tidak lepas dari puting sang induk.
  • 2 minggu pertama adalah usia yang masih rentan, jadi anda harus extra hati-hati menjaganya. Jangan melewatkan point2 di atas.
  • Usia 3 minggu anakan sudah mulai ada kekebalan tubuh dan dapat membuka matanya. Bahkan mereka mulai belajar untuk berdiri dengan merangkak. Momment ini sangat ditunggu-tunggu! Pengawasan dapat dikurangi apabila anakan sudah cukup pintar menyusu sendiri.
  • Minggu ke 4, anakan sudah cukup kuat untuk diberi makanan tambahan untuk mempersiapkan dirinya dipisah dari sang induk. Pertama-tama anda dapat menggunakan bubur bayi usia dibawah 6bulan. Beri lah bubur itu 1x sehari selama 2 hari, kemudian 2x sehari selama 4 hari (dapat dicampur dogfood yang sudah diairkan agar mengembang). Lakukan terus secara bertahap hingga anakan mengkonsumsi dogfood saja.
  • Memisahkan anakan dari indukanya tidak boleh langsung. Anakan dapat dipisah di kandang sendiri dan diberi makan dogfood lembek 4x sehari. Usahakan tiap hari 1x menete pada sang induk. Jangan sampai sang induk dibiarkan 24jam tidak menete, karena asi akan menjadi basi dan beracun untuk anaknya.
    Lakukan terus sampai 2-3 hari. Setelah itu barulah anakan mengkonsumsi semua dog food.
  • Biasanya sang induk yang lemah, dapat menggigil karena susunya tidak disedot. Hal ini wajar, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membantu mengurangi rasa sakitnya dengan mengkompres tiap2 susunya dengan handuk yang dibasahi air hangat. Lakukan 2-3x sehari.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo